Motivasi dalam Kerja (Proses Menulis 14)

"Bapak dan Ibu semuanya, saya baru sekali ini masuk sekolah ini. Saya tidak tahu dengan kondisi siswa di sini. Dan saya akan berusaha membantu Bapak dan Ibu guru semua. Jadi tolong tuliskan karakter siswa di sini, maksimal 3". Begitulah sang psikolog itu meminta semua yang hadir untuk mengawali kegiatannya.

Semua menulis. Setelah selesai, semua diminta menempelkan di kertas yang ditempel di dinding. Dari sekian karakter yang mereka tulis sebagian besar dari mereka menulis karakter siswa yang negatif dan hanya sedikit karakter positif yang mereka tulis.

"Sekarang coba Bapak dan Ibu semuanya menulis karakter dari anak atau orang yang terdekat dengan Anda", lanjut sang psikolog.

Aneh, begitu mereka menuliskan anak atau siapa saja yang terdekat dengan mereka, jumlah karakter positif jauh lebih banyak dari karakter negatif yang mereka tulis.
Apa yang bisa diambil dari semua itu?

Setiap orang yang beraktifitas itu mempunyai dorongan atau motivasi. Ada 3 jenis motivasi yang minimal menyertai setiap aktivitas manusia.
1. Seorang beraktivitas karena salary (uang atau gaji) Jika ini yang menjadi dorongan orang melakukan aktivitas, bisa dipastikan ia akan lelah, apalagi jika memang uang yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
2. Seorang beraktivitas karena mengejar karier. Orang seperti inipun pada akhirnya akan mencapai puncak. Selanjutnya mereka akan merasa payah dan lelah dalam beraktivitas.
3. Seorang yang bekerja atau beraktivitas karena dorongan panggilan hati. Orang seperti ini kapan dan dimana pun ia beraktivitas dia akan merasa enjoy dan nyaman.

Nah, sekarang terserah Anda. Apakah dalam sisa hidup ini Anda akan mempertahankan motivasi yang mana? Apakah Anda ingin merasakan kelelahan dan kepayahan sepanjang beraktivitas atau bahkan sepanjang hidup atau Anda ingin bekerja dengan enjoy dan penuh semangat serta kebahagiaan? Semua terserah Anda.

posted under , |

1 comments:

admin said...

Sip setuju saya

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Popular Posts


Komentar Terbaru